get app
inews
Aa Read Next : Jalan Mayjen Sutoyo Kebumen Disulap Seperti Moro Soetta

Kebumen International Expo Sukses, Ini Beberapa Hasil Positifnya

Senin, 04 Juli 2022 | 08:30 WIB
header img
Perhelatan KIE Kebumen dinilai sukses, ini salah satu konser dengan menampilkan Iwan Fals

KEBUMEN, iNews.id - Gelaran Kebumen International Expo (KIE) sudah berlangsung selama delapan hari, dan resmi ditutup pada Sabtu 2 Juli 2022 malam. 

Sejak pertama kali dibuka pada Sabtu 25 Juni kemarin, KIE telah sukses digelar dengan menghadirkan beragam kegiatan, seperti seminar untuk penguatan SDM, dan pertunjukan lain yang menarik perhatian masyarakat.

Acara Closing Ceremony KIE yang berlangsung pada Sabtu (2/7/2022) malam diisi dengan penampilan musisi legendaris Iwan Fals dan dimeriahkan dengan pesta kembang api. Iwan Fals menjadi artis penutup di gelaran KIE, setelah sebelumnya selama satu minggu full menghadirkan musisi papan atas, yakni Gigi, Shalawatan Gus Azmi, Rhoma Irama D'masiv, Padi, Kotak, dan Kerispatih.

"Kita patut bersyukur gelaran KIE selama delapan hari ini berjalan dengan lancar tanpa satu halangan apapun. Masyarakat bisa berpesta menikmati acara ini dengan penuh kegembiraan, penuh kesenangan, dan penuh tawa. Insya Allah menjadi berkah bagi kita semua,"ujar Bupati Kebumen Arif Sugiyanto dalam keterangan tertulis yang diterima iNews Purwokerto.

Keberkahan itu terlihat dengan banyaknya masyarakat yang berjualan di sepanjang area KIE. Dengan memanfaatkan ribuan pengunjung yang datang, daya beli masyarakat pun semakin meningkat, roda perekonomian berputar, para pedagang kecil atau pedagang kuliner dan jajanan juga ikut kecipretan berkahnya. Demikian juga para penjaga parkir. Semua mendapat dampak positif dengan adanya KIE.

Setidaknya kata Bupati, KIE telah menyedot pengunjung lebih dari 220 ribu pengunjung, ini melebihi target awal yang diperkirakan bisa mendatangkan 120 ribu pengunjung. Untuk pengunjung dari penjualan tiket sampai dengan 2 Juli 2022 total sudah mencapai 82.372 tiket. 

Sebelum penampilan Iwan Fals, dimeriahkan pesta kembang api. Konser Iwan menjadi yang terbesar selama KIE berlangsung karena penggemarnya dari berbagai kota datang ke Kebumen.

Ini adalah konser pertama Iwan Fals di panggung terbuka setelah tiga tahun lamanya ia tidak konser karena pandemi. Tak disangka atusias masyarakat untuk menonton sang maestro begitu tinggi. Tiket yang disediakan sebanyak 20 ribu habis terjual. Alun-alun Kebumen bak dipenuhi lautan manusia.

"Alhamdulillah adanya KIE ini capaianya sudah melebihi banyak target, baik dari sisi pengunjung yang melebihi angka 120 ribu pengunjung menjadi 220 ribu pengunjung. Untuk pembelian tiket pengunjung sudah lebih dari 80 ribu pengunjung dengan hadirnya Iwan Fals sebagai band penutup,"ucap Bupati.

Seperti diketahui bahwa KIE ini digelar untuk bisa membangkitkan kembali perekonomian masyarakat. KIE menggabungkan antara perdagangan, pariwisata dan investasi. Untuk pariwisata, selama KIE berlangsung juga mengalami kenaikan. Baik dari wisata yang dikelola oleh pemerintah daerah maupun wisata yang dikelola swasta atau desa.

ari data yang dihimpun, kunjungan wisata di sembilan obyek milik Pemkab selama KIE berlangsung, yakni 13.753 orang dengan pendapatan sebesar Rp 110.506.000. Adapun kunjungan wisata di tujuh obyek yang dikelola oleh desa dan masyarakat selama KIE ada 13.714 orang dengan pendapatan Rp 224.395.000.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut