get app
inews
Aa Read Next : Diduga Dibobol Hacker Uang Rp167 Juta Nasabah Bank di Purwokerto Raib, OJK Buka Ruang Pengaduan

Pencapaian Laba Bank BUMN Meningkat, Erick Tohir: Bank BUMN Tidak Lagi Rebutan Nasabah

Sabtu, 30 Juli 2022 | 11:13 WIB
header img
Menteri BUMN, Erick Tohir atas pencapaian kinerja Bank Himbara yang meningkat. Foto: Instagram Erick Tohir

Erick menambahkan bahwa adanya pencapaian kinerja pada Himbara juga memberikan dampak positif untuk bangsa dan masyarakat. Adanya peningkatan keuntungan juga akan berdampak pada kontribusi BUMN terkait pajak, dividen, atau bagi hasil yang juga akan meningkat.

Harapan Erick, pencapaian kinerja yang positif ini juga dapat terjaga sampai akhir tahun.

"Kalau pada tahun buku 2021, negara  mendapatkan setoran dividen mencapai Rp24,56 triliun dari bank-bank BUMN, kita optimistis dividen untuk 2022 akan jauh lebih besar. Dengan pemasukan ini, pemerintah akan lebih masif lagi dalam menyalurkan ke program-program kerakyatan guna akselerasi pemulihan perekonomian nasional," tuturnya. 

Erick menugaskan Himbara untuk fokus membantu pemerintah dalam meningkatkan akses pembiayaan terhadap sektor UMKM. Karena jika dibandingkan dengan negara lain, proporsi pembiayaan UMKM yang sebesar 20 persen masih tertinggal dibandingkan Malaysia dan Thailand yang sudah mencapai 50 persen.  

"Himbara ini tumpuan utama pemerintah dalam menggenjot peningkatan pembiayaan untuk UMKM. Hingga saat ini, kontribusi KUR Himbara terhadap KUR nasional sudah mencapai Rp260 triliun dari total KUR yang sebessr Rp282 triliun. Artinya, 92,4 persen datang dari Himbara, ini yang akan terus kita dorong," ujar Erick.
 

Editor : Pepih Nurlelis

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut