get app
inews
Aa Read Next : Mengenal Sosok Jenderal Soedirman yang Selalu Menjaga Puasa, Sholat dan Wudhu Meski saat Perang

Sejarah Monumen Bandajoeda Sebagai Saksi Perjuangan Rakyat Banyumas

Minggu, 14 Agustus 2022 | 18:37 WIB
header img
Monumen Poedjadi Djaring Bandajoeda di Desa Gunung Lurah, Banyumas menjadi saksi peristiwa pertempuran pejuang Indonesia melawan Belanda. (Foto: iNews.id).

Pada pagi harinya sebagian pasukan dengan pejuang setempat melakukan stelling untuk mencegat Belanda yang datang dari selatan, sebagian lagi mencegat Belanda yang datang dari Karangsari. 

Pada sekitar pukul 09.00 WIB kereta api dengan masinis Pak Koeswadi betul-betul lewat. Sesuai dengan kode yang disepakati, dari jauh Pak Koeswadi sudah membunyikan suling kereta api dengan bunyi yang menunjukkan jumlah gerbong yang berisi pasukan. 

Setelah sampai pada tempat sasaran, kereta api diberhentikan, karena ada gundukan batu yang disangka bom oleh Belanda. Kurang lebih satu regu pasukan Belanda yang mengawal kereta api di muka lokomotif, dalam gerbong terbuka yang dikelilingi pasir dalam karung, pasukan Belanda turun untuk memeriksa tumpukan batu tersebut. 

Pada waktu membongkar batu dan membuka karung, lebah penyengat keluar berhamburan dan menyengat mereka. Dalam situasi yang konyol, serdadu Belanda langsung disergap oleh pasukan Poedjadi yang sudah siap, hingga terjadilah pertempuran seru. Masinis Koeswadi ditembaki tetapi sengaja tidak dikenakan, sedangkan gerbong kereta api ditembaki terus menerus. 

Editor : Pepih Nurlelis

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut