get app
inews
Aa Read Next : Mengenal Sosok Jenderal Soedirman yang Selalu Menjaga Puasa, Sholat dan Wudhu Meski saat Perang

Sejarah Monumen Bandajoeda Sebagai Saksi Perjuangan Rakyat Banyumas

Minggu, 14 Agustus 2022 | 18:37 WIB
header img
Monumen Poedjadi Djaring Bandajoeda di Desa Gunung Lurah, Banyumas menjadi saksi peristiwa pertempuran pejuang Indonesia melawan Belanda. (Foto: iNews.id).

Mendapatkan laporan tersebut, para pejuang yang berada di Gunung Lurah kemudian bersiap untuk menyambut kedatangan dua regu pasukan Belanda yang sedang berpatroli. Seluruh pasukan yang dipimpin oleh Komandan Kompi Poedjadi kemudian bersiap menyergap pasukan Belanda ditengah sawah.

Tentara Indonesia siap dengan formasi tapel kuda, disergap seperti ikan yang mau di jaring. Belanda terus masuk ke Gunung Lurah, tapi tentara Indonesia diam dan tidak membunyikan apa-apa, hingga Belanda masuk perangkap. Belanda terkejut karena diserang.

Mendapatkan serangan mendadak tersebut, Belanda berulang kali meminta bantuan. Pertempuran berlangsung seharian hingga sekitar pukul 16.00 WIB, namun pasukan Belanda tidak bisa memasuki Desa Gunung Lurah, mereka terus ditembaki oleh tentara Indonesia.

Pertempuran tersebut menyebabkan banyak korban dari tentara Belanda dan hanya beberapa gelintir yang bisa menyelamatkan diri. Beberapa saat kemudian datang bantuan musuh berupa satu pesawat capung dan dua pesawat pemburu (cocor merah) melaksanakan serangan udara. 

Pada malam harinya, karena belum puas dengan serangan udara, mulai dari pukul 19.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB, desa tersebut dihujani peluru canon dari arah Purwokerto, mengakibatkan korban rumah-rumah penduduk hancur, bahkan seorang nenek terkena pecahan peluru canon, beberapa orang lainnya luka ringan. Untuk mengenang peristiwa ini di desa Gunung Lurah Lurah dibuat tugu peringatan.

Editor : Pepih Nurlelis

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut