get app
inews
Aa Read Next : Waduh! Ternyata Ivermectin hingga Plasma Konvalesen Dilarang Sebagai Pengobatan Covid-19

Kasus Covid-19 Tinggi, Asupan Ini Bantu Tingkatkan Imunitas

Selasa, 22 Juni 2021 | 11:45 WIB
header img
Foto oleh cottonbro dari Pexels

PURWOKERTO, iNews.id - Peningkatan kasus Covid-19 di Indonesia, membuat kamu perlu memperkuat sistem imun tubuh. Penguatan sistem imum tubuh merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menangkal penularan virus ini.

Sistem imun tubuh yang kuat, dapat melindungi tubuh tidak hanya dari virus Corona, namun juga dari penyakit lainnya. 

Tubuh manusia memiliki sistem imun untuk melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Akan tetapi, beberapa hal dapat melemahkan sistem imun tersebut. Salah satunya kurangnya gizi yang diterima oleh tubuh.

DR dr Tan Shot Yen,M.hum, ahli gizi  yang memberikan edukasi pada akun media sosialnya mengatakan, bahwa masyarakat perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi agar sistem imunnya terjaga.

Melalui unggahan video dalam akun instagramnya, dia mengingatkan agar masyarakat tidak mudah percaya dengan hoax. 

“Sedot-sedot minyak putih, pakai kapur barus, pakai daun-daunan itu semuanya bohong. Hoax. Yang benar itu gunakan daun-daunan dan rempah-rempah menjadi makanan yang membuat tubuh nyaman dan sehat. Bikin sup, bikin rendang, diolah menjadi makanan yang bergizi,” katanya.

Konsumsi makanan yang bergizi seperti sayur-sayuran, buah-buahan dan tanaman herbal membuat tubuh mampu melawan radikal bebas. Apabila dalam tubuh terdapat radikal bebas, maka kerja sistem imun dapat terganggu. Hal inilah yang membuat virus Corona mampu menginfeksi tubuh.

Asupan nutrisi yang cukup dengan memperbanyak konsumsi daging tanpa lemak, kacang-kacangan, serta biji-bijian agar daya tahan tubuh kuat. Bawang dan jahe juga baik untuk dikonsumsi karena kandungannya diyakini dapat membantu tubuh melawan infeksi dan meredakan peradangan. Oleh karena itu, fungsi sistem imun perlu senantiasa dijaga agar daya tahan tubuh kuat.

DR. dr. Tan Shot Yen,M.hum juga mengingatkan untuk tidak lupa melakukan vaksinasi. “Setelah vaksinasi jangan keluyuran, jangan berkerumun. Nggak usah sok jago. Tetap pakai masker, cuci tangan pakai air dan sabun. Serta jaga jarak," tambahnya.

Editor : Franky S

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut