get app
inews
Aa Read Next : Kejari Purbalingga Musnahkan Barang Bukti Tindak Pidana 

92.635 Anak Purbalingga Akan Mulai Divaksin Dalam Minggu Ini

Selasa, 21 Desember 2021 | 19:14 WIB
header img
Sebanyak 92.635 anak berusia 6 hingga 11 tahun di Kabupaten Purbalingga akan mulai mendapatkan vaksinasi Covid-19 minggu ini. (Foto : Ist).

PURBALINGGA, iNews.id - Sebanyak 92.635 anak berusia 6 hingga 11 tahun di Kabupaten Purbalingga akan mulai mendapatkan vaksinasi Covid-19 minggu ini. Pelaksanaan vaksinasi ini perlu dilakukan kepada anak untuk memaksimalkan herd immunity (kekebalan komunal) karena Covid-19 yang ada pada anak bisa jadi Orang Tanpa Gejala (OTG).

“Imunitas pada anak lebih bagus daripada orang dewasa dan itu bisa saja OTG. OTG kan bisa menyebarkan virus. Vaksinasi tersebut bertujuan agar kita bisa “membingungkan” virus masuk ke dalam tubuh termasuk anak-anak,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Purbalingga Jusi Febrianto, Selasa (21/12/2021).

Jusi mengatakan, case fatality rate dari anak-anak lebih rendah daripada orang dewasa yang lebih tinggi resikonya terhadap gejala Covid-19 yang berujung pada kematian.

Dia juga menjelaskan jika vaksin yang akan digunakan untuk anak berusia 6-11 tahun tersebut adalah Sinovac dan menurut ITAGI (Indonesia Technical Advisory Group on Immunization) penggunaan Sinovac sudah melalui serangkaian uji. Dosis satu kali suntikan sama dengan orang dewasa yaitu 0,5 ml.

“Bedanya adalah vaksinasi pada anak harus didampingi oleh orang tuanya karena anak-anak akan lebih tenang apabila ada orang tuanya,” ujarnya.

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut