get app
inews
Aa Read Next : Ini Alasan Kenapa Kucing Tidak Masuk Surga

Apa yang Tidak Boleh Dibagikan di Medsos Menurut Islam, Buya Yahya: Masalah Pribadi hingga Fitnah

Jum'at, 03 Februari 2023 | 14:45 WIB
header img
Apa yang Tidak Boleh Dibagikan di Medsos Menurut Islam, Buya Yahya: Masalah Pribadi hingga Fitnah. Foto: tangkapan layar

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Islam mengajarkan berbagai hal secara lengkap kepada umat Muslim, salah satunya adalah tentang penggunaan media sosial. Ada banyak hal yang boleh dan tidak boleh di-share atau dibagikan sebagai kabar meski hanya sebuah status.

Bukan tanpa alasan Islam melarang umatnya untuk tidak membagikan beberapa hal di linimasa medsos. Ini dilakukan agar umat manusia dapat terhindar dari sesuatu yang kurang baik setelah membagikan sebuah unggahan di media sosial.

Tapi sayangnya, masih banyak pengguna medsos saat ini yang belum berpikir bijak saat mengunggah konten di media sosial. Akibatnya bisa menimbulkan berbagai hal yang kurang baik.

Lantas, hal apa saja yang tidak boleh dibagikan di media sosial sesuai ajaran Islam. Berikut ulasannya seperti dirangkum dari MNC Portal Indonesia.

1. Masalah pribadi

Apa yang tidak boleh dibagikan di media sosial menurut ajaran Islam, salah satunya adalah mengumbar masalah pribadi sebagai status. Akan sangat membahayakan jika akun tersebut memiliki pengikut yang banyak. Artinya, dampak yang akan dirasakan oleh masyarakat pun akan lebih besar.

Perilaku yang demikian juga diyakini dapat menimbulkan permasalahan baru. Bahkan, bagi setiap muslim dianjurkan untuk selalu menunjukkan keceriaan pada wajahnya di depan banyak orang, meski dirinya memiliki masalah pribadi.

"Orang mukmin akan selalu tampak senang di wajah. Kalau duka disimpan di dalam hati, bahkan pasangannya tidak tahu. Itu sebisa mungkin dilakukan," kata Buya Yahya saat menjawab pertanyaan jamaah yang ditayangkan kanal YouTube-nya.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut