get app
inews
Aa Read Next : Menikmati Tempe Mendoan untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan, Ini Resep dan Cara Membuatnya

Rekomendasi Oleh-oleh Khas Purwokerto, Banyak Dicari saat Mudik dan Liburan

Minggu, 23 April 2023 | 18:49 WIB
header img
Proses pembuatan Nopia, oleh-oleh khas Purwokerto. Foto : Arbi Anugrah.

PURWOKERTO, INewsPurwokerto.id - Rekomendasi oleh-oleh khas Purwokerto, Kabupaten Banyumas bisa menjadi alternatif saat mudik lebaran. Oleh-oleh khas Purwokerto ini nantinya juga bisa menjadi buah tangan untuk sanak saudara yang datang berkunjung atau akan kembali ke perantauan.

Ada banyak pilihan seperti makanan, kain atau kerajinan khas Purwokerto. Berikut referensi oleh-oleh yang telah dirangkum INewsPurwokerto.id yang dikutip dari berbagai sumber, Minggu (23/4/2023) khusus untuk Anda. 

Oleh-oleh Khas Purwokerto (Makanan)

1. Mendoan 


Tempe mendoan merupakan makanan Khas Kota Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. (Foto : Elde Joyosemito).

 

Makanan yang satu ini paling identik dengan Purwokerto. Rasanya tidak afdol berkunjung ke Purwokerto jika tidak mencoba atau membawa mendoan. 

Makanan khas Purwokerto ini adalah mendoan, terbuat dari tempe kedelai yang digoreng tidak terlalu kering. Semakin mantap rasanya jika dicocol dengan sambal kecap atau cabe rawit. 

Mendoan dapat dibeli di pusat oleh-oleh Sawangan. Tersedia dalam kemasan yang masih mentah, lengkap dengan tepungnya. Sehingga bisa digoreng sendiri dan cocok menjadi oleh-oleh untuk kerabat. 

2. Getuk Goreng

Getuk juga merupakan makanan khas Purwokerto yang sangat legendaris. Terbuat dari bahan dasar singkong dan gula merah, rasanya pun legit dan manis. 

Getuk banyak diproduksi di Sokaraja. Saat datang ke daerah tersebut, Anda akan menjumpai deretan toko oleh-oleh yang menjual gethuk goreng. 

3. Keripik Tempe


Kripik Tempe (Foto: Ist)

 

Hampir sama dengan mendoan, keripik tempe juga terbuat dari kedelai. Bedanya, keripik tempe digoreng dengan sangat kering, sedangkan mendoan tidak. 

Rasanya gurih dengan sensasi yang renyah. Makanan ini cocok untuk dikonsumsi sebagai camilan atau pendamping lauk. 

4. Jenang Jaket


Jenang Jaket (Foto: Mygriyahotel.com)

 

Jenang adalah makanan khas Purwokerto sejenis dodol yang rasanya manis dengan tekstur kenyal dan lembut. Makanan tradisional yang satu ini, terbuat dari beras ketan dan gula merah. Warnanya coklat dan biasanya ditaburi dengan wijen diatasnya. 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut