get app
inews
Aa Read Next : Kejari Purbalingga Musnahkan Barang Bukti Tindak Pidana 

Begini Program Pelatihan Kartu Prakerja untuk Atasi Pengangguran di Purbalingga

Jum'at, 09 Juni 2023 | 08:56 WIB
header img
Salah satu program unggulan Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi adalah kartu prakerja. Tujuannya mempersiapkan tenaga kerja yang terampil. (Foto: Istimewa)

PURBALINGGA, iNewsPurwokerto.id-Salah satu program unggulan Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi adalah kartu prakerja. Tujuannya mempersiapkan tenaga kerja yang terampil. 

Pada Kamis (8/6/2023), acara penyerahan kartu prakerja dilaksanakan di komplek Balai Latihan Kerja (BLK) Purbalingga, di mana sebanyak 120 orang menerima kartu prakerja setelah menjalani pelatihan keterampilan dari instruktur yang berkompeten di bidangnya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Dinnaker) Purbalingga, Heriyanto, dalam sambutannya menyampaikan bahwa program kartu prakerja merupakan upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga untuk mengatasi masalah pengangguran yang berdampak pada tingkat kemiskinan. 

Terdapat 2 paket pelatihan kewirausahaan dan 4 paket pelatihan industri yang diharapkan dapat menjawab permasalahan stagnasi tenaga kerja.

"Kita bekerja sama dengan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) yang ada di Purbalingga. Misalnya, kita fokuskan pelatihan di Pepedan Karangmoncol, Sumampir Rembang, dan tempat lainnya," ujarnya.

Kegiatan ini memerlukan anggaran sebesar Rp1,3 miliar untuk bantuan peralatan kewirausahaan, seragam, dan variabel penunjang lainnya. 

Setelah pelatihan selesai, diharapkan peserta melaporkan kemajuan mereka kepada Dinnaker Purbalingga, baik sebagai pengusaha sukses maupun pekerja yang tekun dalam pekerjaannya.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut