get app
inews
Aa Read Next : Fokus Pembangunan Berkelanjutan Tingkat Global, Mahasiswa UMP Raih Penghargaan Internasional

Kisah Eka, Wisudawati IT Telkom Purwokerto Lulus Cumlaude Full Beasiswa, Kini Jadi Designer Muda

Sabtu, 24 Juni 2023 | 13:25 WIB
header img
Kisah Eka, Wisudawati IT Telkom Purwokerto Lulus Cumlaude Full Beasiswa, Kini Jadi Designer Muda. Foto: Arbi Anugrah

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Risma Eka Kurnia lulus sebagai salah satu wisudawan inovatif di Institut Teknologi (IT) Telkom Purwokerto. Eka Risma, sapaan akrabnya, berhasil mengukir prestasi sebagai seorang fashion designer dan telah mempunyai brand sendiri untuk karyanya yaitu Akura.

Eka mulai terjun sebagai fashion designer sejak Februari 2022. Dalam satu tahun, ia telah berhasil meraih beberapa penghargaan dalam bidang fashion design. Dalam lingkup regional, Eka menjadi juara 1 kompetisi fashion design yang diadakan oleh pemerintah Cilacap, serta juara 2 kompetisi di Banyumas.

Tak puas, gadis cantik asal Purwokerto ini kemudian melaju ke tingkat nasional dan meraih Best Performance dalam Indonesia Fashion Design Competition yang diadakan oleh Indonesia Fashion Designer 2022. Terbaru, pada bulan Juli mendatang ia akan hadir sebagai tamu undangan dan menampilkan hasil karyanya pada Indonesia Fashion Parade 2023.

“Eka bikin desain baju motif cowongan banyumas yang divisualkan dalam bentuk kartun” kata Eka kepada wartawan, Sabtu (24/6/2023).

Akura, brand yang ia buat saat ini juga telah bekerjasama dengan Rumah BUMN Purwokerto. Beberapa karyanya dipajang dan kerap diikutkan dalam pameran yang diselenggarakan oleh Rumah BUMN dengan berbagai pihak.  

Bahkan pada acara wisudanya hari Sabtu (24/6), Eka tampil anggun mengenakan kebaya kutu baru modern yang ia konsep bersama desainer senior, Bhyandha. 

“Kebayanya kombinasi bahan tenun sama brukat. Pakai tenun troso jepara motif dayak” ungkap Eka. 

Menurutnya, salah satu keunggulan desainnya adalah unik, menggunakan motif dan kain khas daerah tertentu (batik, tenun, dan lainya) serta pembuatan sketsanya yang sudah digital. 

“Bikin desainnya (sketsa digital) jadi lebih bagus dan nyata, kayak foto. Dulu jarang yang pake, sekarang udah mulai banyak ” jelasnya.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut