get app
inews
Aa Read Next : Kebut Kepesertaan JKN 98 Persen, Pemkab Cilacap Bersama BPJS Kesehatan Purwokerto Bersinergi

Inilah Boen Tek Bio, Kelenteng di Kota Lama Banyumas

Sabtu, 22 Januari 2022 | 14:30 WIB
header img
Kelenteng Boen Tek Bio Banyumas (Foto: IG Boen Tek Bio)

BANYUMAS, iNews.id - Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Boen Tek Bio Banyumas terletak di sebelah barat Pasar Banyumas, tepatnya di Jalan Pungkuran no. 790 Banyumas.

Boen Tek Bio memiliki tiga kata dan bermakna sendiri-sendiri. Artti dari “Boen" : Pendidikan/Sastrawan/Terpelajar, "Tek" : Kebajikan, "Bio" : Rumah Ibadah. 

Secara harafiah "Boen Tek Bio" bisa diartikan Rumah Ibadah untuk mendidik kebajikan. Hal ini menjadi dasar dalam Visi dan Misi TITD.  "Boen Tek Bio" Banyumas yaitu "Mengamalkan Kebajikan kepada Umat dan Masyarakat Luas". Demikian ditulis dari akun resmi  Instagram @boentekniobanyumas.

Sebagai rumah ibadah, "Boen Tek Bio" Banyumas menaungi 3 ajaran yang dikenal dengan Tri Dharma yaitu agama Buddha, Tao dan Khonghucu. Di samping itu juga terjadi pembauran dengan kejawen yang merupakan kepercayaan setempat. Dan semuanya berjalan dengan baik dan harmonis.

Interaksi antar umat dengan masyarakat dalam kegiatan-kegiatan sosial yang berjalan selama ini menunjukan bahwa TITD "Boen Tek Bio" Banyumas juga sebagai rumah sosial.

Editor : EldeJoyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut