get app
inews
Aa Read Next : Kilang RU IV dan Pemkab Cilacap Teken Kerjasama Pembangunan Daerah 

ABK Positif Covid-19 Setelah Kapalnya dari India, Mungkinkah Varian Baru Corona?

Sabtu, 08 Mei 2021 | 05:56 WIB
header img
Kapal pembawa raw sugar dari India masih bersandar di Pelabuhan Cilacap. (Foto: Elde Joyosemito)

CILACAP, iNews.id- Sebanyak 13 ABK Kapal MV Hilma Bulker masih dirawat di RSUD Cilacap secara intensif. Mereka positif Covid-19 setelah kapal pengangkut raw sugar tersebut dari India dan masuk ke perairan di Cilacap. Mungkinkah para ABK terinfeksi corona varian baru dari India?

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Cilacap Sulistyono mengatakan bahwa pihaknya bersama dinas terkait lainnya telah melakukan tes PCR  dan diketahui ada 13 ABK yang positif. Kini mereka dirawat di RSUD Cilacap secara intensif. Terkait corona yang berjangkit merupakan corona India atau varian baru B1617, Sulistyono belum mengetahuinya.

“Kami belum tahu apakah varian baru atau bukan. Makanya jangan percaya pada isu-isu atau hoaks bahwa yang terjadi di ABK Hilma Bulker adalah corona varian baru. Kami telah mengambil spesimen untuk dibawa ke Balitbangkes Kemenkes di Jakarta,”jelas Sulistyono pada Jumat (7/5/2021).

Sulistyono mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan langkah-langkah sesuai prosedur penanganan Covid-19. Bahkan, tidak hanya ABK kapal, tetapi juga mereka yang kontak dengan para ABK di kapal tersebut. “Sudah ada puluhan yang dites rapid antigen dan semuanya negatif,”ujarnya.

Ditemui terpisah, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Cilacap Pramesti Griana Dewi mengungkapkan sampai sekarang pihaknya belum tahu, apakah virus corona yang menginfeksi para ABK tersebut merupakan varian baru atau bukan. “Tim telah mengambil spesimen swab untuk dicek di Balitbangkes Jakarta. Sampai sekarang belum ada hasilnya. Kemungkinan waktunya antara seminggu hingga dua minggu,”jelasnya.

Seperti diketahui, Kapal MV Hilmar Bulker bersandar di Dermaga IV Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap dengan kru kapal sebanyak 20 ABK. Dari jumlah tersebut, 13 di antaranya positif dan 7 lainnya dikarantina di kapal.

Pramesti menambahkan ke-13 ABK yang positif Covid-19 dirawat di RSUD Cilacap. “Mereka dipisahkan dengan pasien lainnya. Dari 13 ABK yang dirawat, satu pasien di antaranya kritis dan dirawat di ruang ICU. Untuk 12 ABK lainnya hanya mengalami gejala ringan,”ujarnya.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut