get app
inews
Aa Read Next : Ahok Mundur dari Komisaris Pertamina, Begini Reaksi Ganjar 

Puluhan Desa Adat di Banyumas dan Cilacap Dukung Ganjar-Mahfud

Rabu, 27 Desember 2023 | 17:47 WIB
header img
Masyarakat adat dari 23 desa adat di Banyumas dan Cilacap, menyatakan duungannya untuk pasangan calon presiden dan wakil presiden Ganjar Pranowo-Mahfud MD. (Foto: Istimewa)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-Masyarakat adat dari 23 desa adat di Banyumas dan Cilacap, menyatakan duungannya untuk pasangan calon presiden dan wakil presiden Ganjar Pranowo-Mahfud MD pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

Deklarasi ini diumumkan melalui kegiatan Umbul Donga yang diadakan di Lapangan Desa Pekuncen, Kecamatan Jatilawang, Banyumas, Selasa (26/12/2023) malam. 

Kegiatan tersebut, yang melibatkan komunitas dan sukarelawan pendukung pasangan Ganjar-Mahfud, dipimpin oleh Mbah Sumitro, sesepuh masyarakat adat Bonokeling, Desa Pekuncen.

Umbul Donga tersebut mengandung beberapa sanepa atau ungkapan berbahasa Jawa, dengan tujuan mengajak masyarakat adat di Kabupaten Banyumas dan Cilacap untuk bersama-sama mewujudkan pemilu yang damai dan mendukung pasangan Ganjar-Mahfud pada Pilpres 2024.

Kegiatan tersebut ditutup dengan pagelaran wayang kulit "Kresna Dhuta" yang dimainkan oleh Ki Dalang Eko Suwaryo dari Kebumen.

Pemrakarsa kegiatan, Bambang Barata Aji, menyatakan bahwa banyak masyarakat adat Banyumas dan Cilacap yang tidak mengetahui peta politik menjelang Pemilu 2024. 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut