get app
inews
Aa Read Next : 7 Pantai Kebumen yang Vibes-nya Seperti Nusa Penida Bali, Cocok untuk Libur Lebaran

Libur Lebaran di Purwokerto, Ini 5 Rekomendasi Curug saat Wisata di Baturraden

Rabu, 04 Mei 2022 | 05:30 WIB
header img
Curug Gede di kawasan Baturraden. (Foto : Instagram/@adityo_tomo)

PURWOKERTO, iNews.id - Terletak di kaki Gunung Slamet, Baturraden merupakan sebuah wilayah yang terletak di Purwokerto, Kabupaten Banyumas. Baturraden sendiri menawarkan berbagai macam objek wisata keluarga yang menarik. 

Tak hanya itu, pemandangan alam nan hijau dan atmosfer pegunungan yang menyegarkan juga menarik minat para pelancong untuk berkunjung. Salah satu wisata alam yang terdapat di Baturraden adalah Curug atau air terjun.

Berikut ini, iNews Purwokerto telah merangkum 5 rekomendasi curug di Baturaden yang cocok untuk dinikmati bersama keluarga di masa libur lebaran ini.

1. Curug Bayan


Wisata Curug Bayan Baturraden (Foto: Instagram/@curug_bayan).

Terletak 3 km dari dari Wisata Alam Baturraden, tepatnya berada di Dusun II Ketenger, Baturaden, Banyumas, Curug Bayan memiliki tinggi sekitar 7 meter. Dengan luas kolam sekitar 200-700 meter, Curug Bayan menawarkan panorama alam yang sejuk dan menyegarkan.

Selain itu, airnya yang jernih membuat para pengunjung dapat melihat dasar kolam yang berbatu dengan kedalaman sekitar 2-5 meter. Tentu saja para pengunjung juga dapat menikmati kesegaran air yang mengalir langsung dari sumber mata air Gunung Slamet di Curug Bayan ini.

Untuk harga tiket masuknya sendiri dibandrol sebesar Rp 5.000,-. Tidak hanya itu, para pengunjung juga dapat menyewa villa untuk menginap di sana.

2. Curug Telu


Curug Telu menjadi salah satu destinasi wisata populer di Baturraden, Purwokerto, Jawa Tengah. (Foto: Istimewa/IG).

Selanjutnya, ada Curug Telu. Disebut Curug (air terjun) Telu (tiga) karena di sana terdapat tiga aliran air terjun. Lokasinya yang terletak di Desa Karangsalam, Kecamatan Baturraden, Banyumas ini dapat dijangkau dengan menggunakan kendaaraan baik mobil maupun motor.

Cukup dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000,- para pengunjung dapat menikmati keindahan tiga aliran air terjun tersebut. Untuk jam operasionalnya sendiri, Curug Telu dibuka mulai dari pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB.

3. Curug Jenggala


Curug Jenggala (Foto: Instagram)

Berbeda dengan curug-curug sebelumnya, Curug Jenggala tidak dapat untuk berenang. Meski demikian, Curug Jenggala menawarkan keindahan alam yang menawan, terutama untuk berswafoto.

Memiliki ketinggian sekitar 30 meter, sebelumnya para pengunjung harus menempuh perjalanan sejauh 800 meter lebih. Selama perjalanan, pengunjung disajikan pemandangan persawahan yang hijau, kebun-kebun sayuran, hingga PLTA Ketenger. 

Sebelum tiba di Curug Jenggala, pengunjung akan disambut dengan Sendang Candrakirana. Setelah itu, pengunjung dapat menikmati keindahan suasana alam dan tentu saja yang menjadi ciri khas dari Curug Jenggala sendiri, yakni dek berbentuk hati yang menghadap ke air terjun dari atas tebing. 

Selain itu, ada juga Jembatan Cinta yang menjadi ikon tempat swafoto di Curug Jenggala. Terletak di Jalan Pangeran Limboro, Dusun III Kalipagu, Ketenger, Baturraden, Banyumas, harga tiket masuk Curug Jenggala dibandrol sebesar Rp 10.000,-.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut