Pj Bupati Cilacap Dukung Penuh Program JKN BPJS Kesehatan

Arbi Anugrah
BPJS Kesehatan Cabang Purwokerto melakukan audensi dengan Pj. Bupati Cilacap Awaluddin Muuri. Foto: Dok Ist

CILACAP, iNewsPurwokerto.id - Sebagai bentuk komitmen BPJS Kesehatan memberikan layanan terbaik kepada peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan masyarakat Indonesia dengan menjaga kesinambungan Program JKN. BPJS Kesehatan Cabang Purwokerto melakukan audensi dengan Pj. Bupati Cilacap Awaluddin Muuri di Ruang Rapat Bupati Cilacap.

“Program JKN merupakan salah satu program strategis nasional yang sudah banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Indonesia dan sudah berhasil meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” kata Awaluddin dalam keterangan tertulis yang diterima, Kamis (11/1/2024).

Dirinya juga mengajak warga masyarakat khususnya masyarakat di Kabupaten Cilacap untuk mendaftarkan diri sebagai peserta JKN yang dikelola BPJS Kesehatan. "Mari bersama-sama kita sukseskan Program JKN untuk Indonesia yang lebih sehat dan raih Universal Health Coverage atau UHC Kabupaten Cilacap tahun 2024,” ujarnya.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Purwokerto, Unting Patri Wicaksono Pribadi menyambut baik hal tersebut dan menuturkan capaian kepesertaan JKN di wilayah Kabupaten Cilacap sebanyak 1.752.128 jiwa.

“Sampai dengan tanggal 1 Januari 2024, sebanyak 1.752.128 jiwa atau sekitar 86,97% dari total penduduk Kabupaten Cilacap telah terdaftar sebagai peserta JKN. Masih ada 262.618 jiwa masyarakat Kabupaten Cilacap yang belum mempunyai perlindungan jaminan kesehatan dari Program JKN,” kata Unting.

Unting mengatakan, untuk capaian kepesertaan di Kabupaten Cilacap tersebut sebanyak 1.099.176 jiwa terdaftar sebagai peserta segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI), 353.957 jiwa sebagai peserta segmen Pekerja Penerima Upah (PPU), 266.225 jiwa sebagai peserta segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU), dan 32.770 jiwa sebagai peserta segmen Bukan Pekerja.

Menurutnya, jumlah penduduk di Kabupaten Cilacap memang lebih banyak dibandingkan dengan Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Purbalingga yang juga termasuk dalam wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Purwokerto.

Editor : Aryo Arbi

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network