Lima Balon Bupati dan Wabup Banyumas Adu Gagasan di Diskusi IKAFU

Elde Joyosemito
Lima orang bakal calon bupati dan wakil bupati yang akan berlaga dalam Pilkada Banyumas 2024 adu gagasan saat talkshow yang diadakan Ikatan Alumni FISIP Unsoed. (Foto: Ikafu)

"Pendidikan di Banyumas, khususnya Purwokerto banyak terdapat sekolah dan kampus yang memiliki multiplier efek bagi perekonomian, kemudian pengelolaan pariwisata akan dioptimalkan, termasuk menyinggung pemanfaatan aset pariwisata yang dibangun dari utang Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN),"jelasnya.

Lalu untuk UMKM, menurutnya akan dilakukan pendampingan mengingat pelaku UMKM jumlahnya banyak. Hal lain adalah soal membuka peluang kerja dan menyediakan rumah singgah dengan memanfaatkan aset bangunan milik pemkab yang mangkrak.

Kemudian, Taefur Arofat mengapresiasi kepada akademisi FISIP Unsoed atas terselenggaranya acara tersebut. Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Banyumas ini berharap, agar para akademisi dapat berkontribusi dalam penyelenggaraan Pilkada. 

Tanggapan selanjutnya dari Purwadi Santosa, mantan Asisten Pemerintahan Setda Banyumas. Purwadi yang belum lama purnatugas ini berpandangan dalam bidang ekonomi ada tantangan untuk meningkatkan PAD. 

"Saat ini PAD baru Rp850 miliar dari total APBD Banyumas Rp 3,9 Triliun. Untuk mewujudkan daerah otonom yang mandiri, maka dalam lima tahun kedepan digenjot hingga Rp 1,7 - Rp2 triliun,"ujarnya.

Purwadi menyoroti soal langkah penurunan stunting, penyehatan BUMD, penataan birokrasi, dan upaya menciptakan lapangan kerja.

Tanggapan terakhir dari para bakal calon disampaikan oleh Rachmat Imanda. Menurut Ketua Komisi 3 DPRD Kabupaten Banyumas ini, sosok pemimpin Banyumas butuh keberanian untuk memimpin dan mencari solusi dari berbagai problem. 

Terkait kehadiran para bakal calon pemimpin masa depan tersebut, Ikafu mengundang 20 nama tokoh masyarakat yang diketahui mendaftar, berniat, atau patut maju dalam Pilkada Banyumas 2024. Namun yang bisa hadir dalam acara diskusi bertujuk Sumbangsih Pemikiran FISIP Unsoed untuk Pilkada Banyumas 2024 hanya lima orang di atas.

Sebelum kelima bakal calon menyampaikan gagasan untuk memimpin Banyumas, terlebih dahulu dilakukan penyampaian pendapat dari akademisi dan alumni FISIP Unsoed yang berjumlah sembilan orang. 

Narasumber adalah, Tyas Retno Wulan, Tri Wuryaningsih, Tundjung Linggarwati, Indaru Setyo Nur Projo, Lutfi Makahasin, Arizal Mutakhir, Edi Santoso, Sulyana Dadan, dan Hanan Wiyoko. Masing-masing menyampaikan gagasan singkat membincang pilkada dari masing-masing prespektif keilmuan dan keahlian. 

Editor : EldeJoyosemito

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network