Logo Network
Network

Kisah Unik Anak Rambut Gimbal Titipan Abdi Nyi Roro Kidul Disajikan di Dieng Culture Festival 2022

Novie Fauziah/Arbi Anugrah
.
Minggu, 07 Agustus 2022 | 19:20 WIB
Kisah Unik Anak Rambut Gimbal Titipan Abdi Nyi Roro Kidul Disajikan di Dieng Culture Festival 2022
Anak gimbal Dieng (Instagram @dewipratiwi212

Anak-anak kecil di Dataran Tinggi Dieng memiliki tradisi unik yakni membuat rambut mereka menjadi gimbal. Hal ini bukan tanpa alasan, terdapat asal-usul dan mitos tersendiri yang terhubung dengan tradisi tersebut.

Dilansir dari berbagai sumber, anak-anak di dataran tinggi Dieng yang berambut gimbal atau ‘bocah gembel/gimbal’ sangat dimanja oleh orangtuanya. Ini karena sebagian masyarakat setempat percaya bahwa anak gimbal merupakan titipan dari Nyi Roro Kidul melalui seorang abdi dalem bernama Nyai Dewi Roro Rence Kerajaan Pantai Selatan.


Gelaran Dieng Culture Festival (DCF) di kawasan dataran tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara. (Foto : Arbi Anugrah/iNewsPurwokerto.id).
 
Menurut catatan Kantor Arsip Kabupaten Wonosobo (2014), terdapat dua versi cerita tentang keberadaan bocah gimbal di Dieng. Pertama, Kiai Kolodete memiliki rambut gimbal yang ia titiskan kepada keturunannya, yaitu masyarkat Dieng. Kedua, Nyai Roro Kidul terganggu dengan rambut manusia yang rontok dan hanyut menuju Laut Selatan sehingga memerintahkan para abdinya untuk memungut rambut-rambut itu dan menitipkannya kepada anak-anak di daerah pegunungan.

Lalu apakah mereka boleh memotong atau mencukur rambutnya?

Tentu iya, anak-anak rambut gimbal tersebut diperbolehkan memangkas rambutnya. Akan tetapi dengan catatan, harus dilakukan ritual tertentu.

Pertama-tama, orangtua harus terlebih dulu memenuhi permintaan sang anak. Apabila sudah terpenuhi, maka barulah mereka bisa memangkas rambut anak-anaknya.

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.