get app
inews
Aa Read Next : Film Dirty Vote Hilang di Pencarian YouTube, Begini Komentar Warganet

Ramai Hacker Bjorka, Apa Sebenarnya Hacker dan Apa Tujuannya?

Minggu, 18 September 2022 | 16:36 WIB
header img
Deretan Hacker Terkenal Dunia, Apakah Bjorka Termasuk ( Foto : Istimewa)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id- Sosial media saat ini sedang digegerkan dengan kemunculan hacker dengan identitas Bjorka. Akun ini telah mengaku menjebol sejumlah data rahasia negara. Termasuk data penduduk Indonesia dari registrasi SIM Card yang dijual ke situs luar negeri senilai Rp74.000.000. Siapa sebenarnya Bjorka?

Kebanyakan orang mengartikan hacker sebagai oknum yang memanfaatkan kemampuan ilmunya di bidang teknologi untuk melakukan tindak kejahatan melalui media sosial.

Padahal, faktanya tidak semua hacker melakukan tindak kejahatan. Dilansir dari channel YouTube Hirotada Radifan yang berjudul Bjorka dan Para Dewa Indonesia buat Takut Dunia dan diunggah pada 14 September 2022.

Dalam videonya, ia mengatakan ada tiga kategori hacker lengkap dengan tujuannya. Berikut ketiga kategori hacker menurut Hirotada Radifan.

1. Black Hat Hacker

Black Hat Hacker yaitu hacker ilegal yang jahat dengan kegiatan meretas data-data untuk kepentingan pribadinya dengan niat yang buruk.

2. White Hat Hacker

White Hat Hacker adalah programmer, developer, atau orang yang mahir di bidang teknologi namun tidak menyalahgunakan kemampuan tersebut.

Editor : Alfiatin

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut