get app
inews
Aa Read Next : 7 Destinasi Wisata Alam yang Jadi Rekomendasi Liburan Akhir Tahun di Purwokerto

Isi Libur Lebaran di Purwokerto, Ini  Rekomendasi 17 Tempat Wisata di Banyumas yang Menawan

Jum'at, 21 April 2023 | 08:18 WIB
header img
Curug Telu menjadi salah satu destinasi wisata populer di Baturraden, Purwokerto, Jawa Tengah. (Foto: Istimewa/IG).

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Jika ingin mengisi libur Lebaran di Purwokerto, jangan lupa menyimak referensi tempat wisata di Banyumas. Memang, tempat wisata di Banyumas cukup beragam.

Karena merupakan daerah di lereng Gunung Slamet, tempat wisata di Banyumas menyajikan wisata alam yang menawan. Pengunjung dapat menikmati air terjun hingga pemandian air belerang yang panas.

Tidak hanya menyajikan keindahan alam, tempat wisata di Banyumas juga mengenalkan berbagai macam kekhasan. 

Berikut rekomendasi tempat wisata di Banyumas yang dapat dinikmati atau untuk mengisi libur Lebaran tahuyn 2023.

1. Lokawisata Baturraden

Lokawisata Baturraden sudah terkenal sejak lama. Berada di lereng selatan Gunung Slamet, objek wisata Lokawisata Baturraden hanya sekitar 15 km dari Kota Purwokerto. 


Destinasi baru mulai dibuka di Lokawisata Baturraden. Namanya Taman Botani dan telah diresmikan oleh Bupati Banyumas Achmad Husein. (Foto: Istimewa)
 
Banyak spot yang menarik, sehingga cocok untuk berselfie ria maupun foto-foto bersama keluarga serta handai taulan. Untuk menjangkau Baturraden, sangat mudah. Baik dengan kendaraan sendiri maupun angkutan umum. 

Karena saat sekarang ada bus Trans Banyumas yang siap mengangkut pengunjung dari Kota Purwokerto ke Baturraden. Kalau dengan kendaraan pribadi juga gampang, sebab jalan ke Baturraden juga mulus.

Fasilitasnya apa saja di Baturraden. Di antaranya adalah waterpark, gazebo, rea parkir kendaraan yang luas, toilet dan kamar mandi, musala, tempat duduk, berbagai macam wahana mainan, spot foto, warung wisata, kafe dan lainnya. 

2. Small World 

Salah satu yang pasti dilakukan saat libur Lebaran do tempat wisata adalah foto-foto. Setelah itu, nantinya pengunjung bakal mengunggahnya di media sosial. Kalau ingin menambah koleksi foto di lokasi yang instagramable, maka Small World adalah tempat yang tepat. 


Miniatur bangunan KIncir Angin
 
Banyak spot di desinasi wisata Small World Purwokerto. Di lokasi setempat ada berlandmark miniatur dunia yang mempesona. Inilah yang menjadi salah satu daya tarik di Small World. 

Lokasi Small World Purwokerto beralamat di Jl Raya Baturraden Barat di Desa Karangmangu, Kecamatan Baturaden, Banyumas. Ada sejumlah fasilitas yang ditawarkan di Small World setempat. Yakni tempat parkir yang luas, afe dan resto, spot foto instagramable, small garden, toilet, warung-warung makanan khas. 

3. Telaga Sunyi 

Di Banyumas terdapat banyak tempat wisata alam yang bisa memanjakan liburan Anda dan keluarga tercinta. Salah satu tempat piknik yang terletak di Baturraden yaitu Telaga Sunyi, memiliki pemandangan alam yang mempesona.

Anda dapat merasakan kesegaran air di Telaga Sunyi Baturraden Banyumas, dan merelaksasi jiwa serta pikiran yang penat. Saat hari libur tiba, kunjungi obyek wisata alam yang paling indah di Banyumas ini.


Wisata telaga sunyi Baturraden (Foto: Instagram/ @telagasunyi_baturraden)
 
Lokasi Telaga Sunyi sendiri berada di Limpakuwus, Kecamatan Sumbang, Banyumas, Jawa Tengah. Jarak yang harus ditempuh untuk mengunjungi Telaga Sunyi dari pusat kota Purwokerto kurang lebih 16 km.

Anda bisa menikmati keindahan, spot, dan fasilitas yang tersedia di Telaga Sunyi, sehingga aktivitas berlibur Anda semakin berkualitas dan menyenangkan. Beberapa fasilitas yang tersedia diantaranya adalah area parkir kendaraan wisata, toilet dan kamar mandi, gazebo, tempat duduk, dan warung wisata.

4. Curug Cipendok

Banyumas merupakan surga wisata air terjun yang memukau, dengan banyak destinasi wisata alam yang menawarkan perjalanan liburan yang memuaskan. Salah satu obyek wisata alam di Purwokerto yang wajib dikunjungi karena pesona keindahannya adalah Curug Cipendok.


Curug Cipendok yang menawan. (Foto: IG curugcipendok)
 
Nikmati kesegaran alam yang akan memanjakan perjalanan liburan Anda dan orang tercinta di Banyumas, Jawa Tengah. Curug Cipendok terletak di Desa Ebaksiu Karanganyar, Karangtengah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Anda dapat mengunjungi obyek wisata ini menggunakan kendaraan dengan waktu tempuh sekitar 23 km dari pusat kota Purwokerto. Ada banyak aktivitas menarik dan menyenangkan yang dapat Anda nikmati di Curug Cipendok Banyumas.

Anda dapat menikmati suasana yang damai, berburu foto yang indah, berenang, dan lain sebagainya. Perjalanan liburan Anda akan semakin menyenangkan di wisata air terjun Banyumas ini dengan menikmati fasilitas yang tersedia, seperti area parkir kendaraan wisata, mushola, wahana bermain anak-anak, warung wisata, outbond area, jungle track, perkemahan Bumi Ayu, toilet, spot foto menarik, dan cottage.

5. Curug Jenggala

Purwokerto dan Banyumas menyimpan banyak tempat wisata menarik yang cocok dikunjungi saat akhir pekan. Salah satu objek wisata alam di Banyumas yang patut Anda kunjungi adalah Curug Jenggala.


Curug Jenggala (Foto: Instagram)
 
Selain menawarkan keindahan air terjun yang memukau, Curug Jenggala juga memiliki beragam spot foto yang instagramable. Dapatkan pengalaman liburan tak terlupakan di Curug Jenggala dengan mengabadikan momen bersama orang tercinta.

Destinasi wisata air terjun Curug Jenggala Purwokerto buka setiap hari mulai dari jam 08.00 – 18.00 WIB, sehingga Anda bisa mengunjunginya kapan saja. Letak obyek wisata alam Curug Jenggala berada Dusun Kalipagu, Desa Ketenger, Kecamatan Baturaden, Banyumas.

Anda dapat mencapai tempat wisata di Purwokerto ini dengan kendaraan. Jarak dari pusat kota Purwokerto ke Curug Jenggala kurang lebih 20 km.

Nikmati perjalanan liburan Anda dengan semakin berkualitas dan menyenangkan di tempat liburan Baturraden ini. Selain keindahan alamnya, berikut adalah beberapa fasilitas wisata yang bisa Anda nikmati di Curug Jenggala di antaranya adalah spot foto instagramable, toilet, mushola, warung wisata dan gazebo

6. Kebun Raya Baturaden

Tempat wisata anak di Purwokerto Banyumas ini menawarkan liburan yang menyenangkan untuk keluarga dengan pemandangan alam yang indah dan banyak spot dan wahana wisata. Kebun Raya Baturaden adalah salah satu destinasi yang populer dan sangat direkomendasikan. Anda akan menyia-nyiakan liburan Anda di Banyumas jika Anda melewatkan wisata alam yang satu ini.


Kebun Raya Baturraden ( Foto : Instagram/@panoramapurwokerto)
 
Lokasi wisata alam Kebun Raya Baturaden berada di Wanawisata Baturraden, Berubahan, Kemutug Lor, Kec. Baturaden, Kab. Banyumas, Jawa Tengah.

Kebun Raya Baturaden buka setiap hari mulai dari jam 08.00 - 16.00 WIB. Anda dapat menikmati spot dan wahana yang tersedia di tempat piknik Banyumas ini bersama keluarga Anda. 

Fasilitas penunjang yang lengkap akan memudahkan aktivitas berlibur Anda, di antaranya area outbond, camping ground, toilet dan kamar mandi, tempat parkir kendaraan yang luas, pusat informasi, warung wisata, penginapan, wahana permainan seru dan menarik, spot foto yang menarik.

7. Curug Bayan

Curug Bayan merupakan wisata air terjun yang memesona di Banyumas. Curug atau air terjun merupakan tempat yang sangat menarik untuk menghilangkan kepenatan dan merelaksasi jiwa serta pikiran. Banyak tempat piknik baru yang indah di Banyumas dengan air terjun yang menawan.


Curug Bayan menjadi salah satu tempat rekomendasi wisata Purwokerto buat kalian yang ingin menyelami kesegaran air dari Kaki Gunung Slamet. (Foto: Instagram/@curug_bayan).
 
Salah satu tempat piknik yang direkomendasikan di Purwokerto untuk mengisi liburan Anda dan keluarga adalah Curug Bayan. Wisata Banyumas ini sangat cocok untuk dikunjungi pada akhir pekan atau libur panjang.

Wisata Curug Bayan berlokasi di Ketenger, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Anda dapat mengunjungi destinasi wisata Banyumas ini kapan saja, karena Curug Bayan buka setiap hari mulai dari pukul 06.00 hingga 18.00 WIB.

Akses jalan yang baik akan memudahkan perjalanan liburan Anda dan keluarga ke tempat wisata keluarga Banyumas ini. Untuk menuju ke Curug Bayan Baturaden, Anda dapat menggunakan kendaraan dengan jarak tempuh sekitar 13 km dari pusat kota Purwokerto.

Nikmati aktivitas liburan yang semakin menyenangkan di Curug Bayan Purwokerto dengan keindahan dan fasilitas yang tersedia seperti warung wisata, penginapan, area parkir kendaraan wisata, gazebo, dan tempat duduk.

8. Bukit Tranggulasih

Bukit Tranggulasih adalah wisata Purwokerto Banyumas terbaru yang menarik untuk menghilangkan kepenatan jiwa. Pemandangan alam yang indah dengan landscape pegunungan hijaunya akan menenangkan siapa saja yang menikmatinya.


Wisata bukit Tranggulasih. (Foto: Instagram)
 
Selain menikmati pemandangan dan panorama luar biasa, Bukit Tranggulasih dilengkapi dengan spot foto instagenic yang sangat direkomendasikan untuk setting fotografi. Anda dapat mendapatkan foto terbaik di Bukit Tranggulasih Banyumas untuk mempercantik feed media sosial Anda dan keluarga tercinta.

Bukit Tranggulasih terletak di Windujaya, Kedungbanteng, Windujaya, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Sehingga Anda dapat menikmati keindahan yang ditawarkan Bukit Tranggulasih Banyumas dengan puas. Beberapa fasilitas yang tersedia di obyek wisata Purwokerto ini untuk menunjang kualitas liburan Anda, antara lain lokasi parkir kendaraan wisata, spot foto instagramable, musala, camping area dan warung wisata.

9. Curug Nangga

Curug Nangga menjadi salah satu destinasi wisata alam terbaru yang sangat menarik di Banyumas, dengan keindahan alamnya yang memukau. Ada banyak tempat piknik menarik di Banyumas yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga.


Curug Nangga yang terlihat begitu menarik. (Foto: Instagram)
 
Curug Nangga berlokasi di Petahunan, Pekuncen, Banyumas, Kab. Banyumas, Jawa Tengah. Anda bisa menuju ke sana dengan kendaraan pribadi dengan jarak sekitar 27 km dari pusat kota Purwokerto. Berada di ketinggian sekitar 1200 mdpl, Curug Nangga menawarkan panorama alam yang menenangkan dan indah.

Selain menikmati keindahan alamnya, perjalanan liburan Anda di Curug Nangga Banyumas akan semakin seru dengan adanya fasilitas seperti area parkir kendaraan wisata, toilet dan kamar mandi, spot foto menarik, gazebo dan warung wisata

10. Curug Gomblang 

Curug Gomblang merupakan salah satu objek wisata air terjun di Purwokerto yang menarik untuk dikunjungi pada akhir pekan. Anda bisa menikmati pesona keindahannya yang memukau.


Curug Gomblang salah satu destinasi wisata menarik. (Foto: Instagram)
 
Nikmati perjalanan liburan yang menyenangkan dengan menikmati panorama indah dan spot foto menarik di Curug Gomblang Banyumas. Obyek wisata air terjun ini terletak di Jl. Pangeran Limboro, Sokawera, Cilongok, Kabupaten Banyumas.

Anda bisa mengunjungi Curug Gomblang kapan saja karena destinasi wisata Purwokerto ini buka setiap hari dari pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Tidak hanya menawarkan keindahan alam yang menakjubkan, Curug Gomblang juga dilengkapi dengan fasilitas lengkap yakni area parkir kendaraan, camping area, outbound dan playground, toilet dan kamar mandi, spot foto menarik dan warung wisata

11. Pancuran Pitu

Pancuran Pitu merupakan salah satu objek wisata populer di Banyumas yang menawarkan spot menarik dan sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Anda bisa merasakan kesegaran dengan berendam di air hangat di tempat ini, yang dapat membuat badan dan pikiran menjadi rileks dan segar kembali. 


Pancuran Pitu Baturraden. (Foto: Istimewa)
 
Nikmati ketenangan jiwa sambil menikmati pesona alam dan spot menarik di obyek wisata Pancuran Pitu Baturraden. Untuk mengunjungi destinasi wisata alam di Banyumas ini, lokasinya berada di Lokawisata Baturaden, Kalipagu, Ketenger, Kecamatan Baturaden, Banyumas. Pancuran Pitu buka setiap hari mulai dari jam 08.00 – 16.00 WIB. Anda bisa mengunjungi tempat wisata terindah di Banyumas ini kapan saja dan menikmati keindahannya.

Banyak spot menarik yang dapat dinikmati di Pancuran Pitu, di mana terdapat berbagai fasilitas pendukung yang disediakan, yakni area parkir kendaraan, pijat belerang, spot berendam, warung wisata, pusat oleh-oleh, kamar mandi dan akses jalan setapak

12. Baturaden Adventure Forest

Anda dapat menikmati liburan yang menyenangkan bersama keluarga di Banyumas dengan mengunjungi tempat piknik yang menarik ini. Baturaden Adventure Forest menawarkan pesona wisata dengan spot dan aktivitas yang unik. Liburan yang panjang di Banyumas pasti akan lebih seru dengan mengunjungi tempat piknik rekomendasi seperti Baturaden Adventure Forest. 


Baturraden Adventure Forest, salah satu tempat yang sangat mengasyikkan. (Foto: IG BAF)
 
Lokasi destinasi wisata alam ini terletak di Pandak, Karangsalam, Kec. Baturaden, Kab. Banyumas, Jawa Tengah. Anda dapat menikmati spot dan wahana yang disediakan oleh Baturaden Adventure Forest kapan saja. Objek wisata alam ini buka setiap hari mulai dari jam 07.00 – 18.00 WIB.

Nikmati berbagai macam spot dan aktivitas yang menarik seperti Water Adventure, Tree Trek Adventure, Canyon Adventure, Bungee Trampoline, Cold Water Therapy, Forest Trekking, Night Adventure, Flying Fox, Tyrolean, Outbond, Mini Circuit Bike, Longslide, Elvis, Line Bridge, Rappelling/Abseiling, Log Swing, Forest Camping, Gathering, dan Camping.

Liburan Anda di Baturaden Adventure Forest akan semakin menyenangkan dengan fasilitas yang tersedia seperti area parkir kendaraan wisata, penginapan, warung wisata, outbond area, toilet dan kamar mandi, camping ground, cafe & resto, dan gazebo.

13. Curug Ceheng

Satu lagi destinasi wisata alam di Banyumas yang sayang untuk dilewatkan ketika liburan adalah Curug Ceheng. Air terjun dengan ketinggian sekitar 25 meter ini menampilkan keindahan alam yang luar biasa.


Curug Ceheng yang menjadi salah satu air terjun yang menarik di Banyumas. (Foto: Instagram)
 
Air jernih dan segar dari Gunung Slamet akan meremajakan semangat anda. Nikmati pesona alam Curug Ceheng bersama keluarga tercinta. Tempat wisata murah di Banyumas ini terletak di Gandatapa, Kecamatan Sumbang.

Tempat wisata alam di Purwokerto ini buka 24 jam setiap hari, sehingga anda bisa menikmati keindahan alamnya sepuasnya. Liburan anda di Curug Ceheng akan semakin menyenangkan dengan fasilitas yang tersedia seperti area parkir yang luas, warung wisata, gazebo, spot foto serta toilet.

14. Bukit Watu Meja

Salah satu destinasi wisata terbaru di Banyumas, Jawa Tengah yang direkomendasikan untuk melepas penat dan stres adalah Bukit Watu Meja. Pemandangan alam yang indah akan membawa Anda ke zona kenyamanan, dan ada banyak spot foto instagramable.

Anda bisa mendapatkan foto yang keren untuk media sosial Anda dengan latar belakang pemandangan alam yang indah. Lokasi dari obyek wisata alam Bukit Watu Meja berada di Jl. Raya Patikraja - Kebasen, Tumiyang Kidul, Kecamatan Kebasen


Panorama dari Bukit Watu Meja di Kebasen. (Foto: IG kebasenkeren)

.

 

Tempat wisata murah di Banyumas ini buka setiap hari mulai dari jam 06.00 - 18.00 WIB. Anda bisa menikmati keindahan obyek wisata alam Purwokerto ini dengan harga tiket masuk yang terjangkau.

Berikut beberapa fasilitas yang bisa Anda nikmati selama berlibur di Bukit Watu Meja Banyumas di antaranya area parkir kendaraan yang luas, warung wisata, gazebo, tempat duduk, toilet, spot foto instagramable dan lainnya.

15. Hutan Pinus Limpakuwus

Hutan Pinus Limpakuwus yang terletak di Desa Limpakuwus, Kecamatan Sokaraja, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menjadi salah satu tempat wisata alam yang populer di daerah tersebut.

Hutan Pinus Limpakuwus yang memiliki keindahan alam yang luar biasa dengan pemandangan pepohonan pinus yang rimbun dan asri, kini semakin menarik perhatian wisatawan untuk berkunjung dan menikmati keindahannya.


Kawasan wisata alam hutan pinus Limpakuwus. (Foto: Elde Joyosemito)
 
Dalam kunjungan ke lokasi wisata Hutan Pinus Limpakuwus, wisatawan dapat menikmati kegiatan seperti berkemah, hiking, bersepeda dan berfoto ria di berbagai spot yang tersedia.

Hutan Pinus Limpakuwus memiliki luas sekitar 24 hektare dan menjadi salah satu hutan pinus terluas di Jawa Tengah.

Hutan Pinus Limpakuwus ini telah ada sejak puluhan tahun lalu dan terus dikembangkan menjadi tempat wisata alam yang indah, sehingga wisatawan dapat menikmati pemandangan yang luar biasa dari atas bukit dan udara yang segar.

Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati kuliner khas Banyumas di warung-warung yang ada di sekitar Hutan Pinus Limpakuwus.

Kunjungan ke Hutan Pinus Limpakuwus akan semakin mudah karena lokasinya yang mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Dengan keindahan alam dan kegiatan yang bisa dilakukan, Hutan Pinus Limpakuwus menjadi tempat wisata alam yang ideal untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman.

16. Menggala Ranch Banyumas

Menggala Ranch Banyumas, sebuah wisata petualangan seru di tengah hutan yang menawarkan pengalaman tak terlupakan. Menggala Ranch Banyumas berada di Desa Menggala, Kecamatan Sumpiuh, Banyumas. Tempat wisata ini menawarkan pengalaman berkuda, melintasi hutan pinus yang indah, dan menikmati udara segar yang jauh dari keramaian kota.


Menggala Ranch yang merupakan New Zealand Indonesia. (Foto: iNewsPurwokerto)
 
Para pengunjung juga dapat menikmati suasana kampung dengan berkunjung ke peternakan sapi dan kandang kuda yang berada di dalam wisata ini. Menggala Ranch Banyumas dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB dengan harga tiket masuk yang terjangkau. Para pengunjung juga dapat memilih paket wisata yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka.
 
17. Bukit Teng Tung
 
Wisata Bukit Teng Tung berada di kawasan Baturraden, tepatnya di Desa Karangsalam Lor, Kecamatan Baturraden. Wisata yang dikelola oleh masyarakat ini memberikan nuansa yang asyik. 

Bukit Teng Tung yang terletak di Baturraden. (Foto: Istimewa)
 
Apalagi kalau datang ke wisata Bukit Teng Tung bersama keluarga dan menginap di kawasan setempat. Pengelola menyiaplan tenda-tenda yang dapat digunakan untuk istirahat dan menginap. Benar-benar menikmati indahnya alam.

Di Bukit Teng Tung, panorama pagi dan malam terasa berbeda. Untuk panorama malam dapat melihat indahnya Kota Purwokerto dari dengan memandang ke arah selatan. Sedangkan pada saat pagi hari melihat kemegahan Gunung Slamet saat melihat ke arah utara.
 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut