get app
inews
Aa Read Next : Kilang RU IV dan Pemkab Cilacap Teken Kerjasama Pembangunan Daerah 

Cilacap Siap Salurkan Bantuan untuk 19.869 KK Berisiko Stunting

Senin, 01 Mei 2023 | 08:19 WIB
header img
Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Awaluddin Muuri bersama perwakilan OPD terkait dan PT. Pos Indonesia membahas teknis penyaluran bantuan cadangan pangan bagi keluarga berisiko stunting. (Foto: Pemkab Cilacap)

CILACAP, iNewsPurwokerto.id-Sebanyak 19.869 keluarga berisiko stunting di Cilacap bakal mendapatkan bantuan cadangan pangan dari pemerintah pusat. Bantuan tersebut akan digulirkan mulai 2-4 Mei 2023. 

Menurut rencana, bantuan tersebut akan disalurkan melalui PT Pos Indonesia sebanyak tiga kali selama tiga bulan untuk periode April, Mei, dan Juni 2023. Setiap keluarga akan mendapatkan bantuan berupa satu paket telur berisi 10 butir dan daging ayam beku.

Para penerima bantuan tersebut telah didata dengan nama dan alamat oleh BKKBN. Total ada 1,4 juta keluarga yang tersebar di 169 kabupaten/kota di 7 provinsi. Di Kabupaten Cilacap, sebanyak 19.869 keluarga akan menerima bantuan tersebut.

Bantuan bakal disalurkan mulai tanggal 2 hingga 4 Mei 2023. Para penerima akan diundang untuk mengambil bantuan tersebut di Kantor Pos atau balai desa/kecamatan yang ditentukan. Jika ada ketidaksesuaian data penerima karena pindah atau meninggal dunia, penerima dapat digantikan sesuai usulan dari desa setempat.

"Diharapkan bantuan cadangan pangan ini dapat membantu pencegahan stunting meskipun hanya diberikan satu kali dalam satu bulan selama tiga bulan," jelas Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap, Awaluddin Muuri.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap, Susilan, yang juga menjadi Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pangan dan Perkebunan Kabupaten Cilacap, meminta agar penyaluran bantuan ini dilakukan secara cermat. Sebab, bahan pangan, terutama daging ayam beku, tidak dapat bertahan lama dan membutuhkan penanganan khusus agar tidak rusak.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut