get app
inews
Aa Read Next : Truk Bermuatan Minyak Goreng di Lombok Terguling Akibat Gagal Menanjak

Calon Tersangka Penimbunan Minyak Goreng Diumumkan Hari Ini

Senin, 21 Maret 2022 | 10:08 WIB
header img
Calon tersangka penimbunan minyak goreng bakal diumumkan hari ini, Senin (21/3/2022). (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Calon tersangka penimbunan minyak goreng bakal diumumkan hari ini, Senin (21/3/2022) sebagaimana yang disampaikan Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi dalam rapat kerja dengan anggota Komisi VI DPR RI, pekan lalu.

Menurut Lutfi, sudah ada calon tersangka penimbun minyak goreng yang ditetapkan pihak kepolisian dan akan diumumkan pada hari ini.

Mendag menjelaskan, oknum yang akan diumumkan nanti diduga telah melakukan penimbunan minyak goreng dalam jumlah yang sangat besar.

“Saya sudah kasih semua data. Ini masih praduga tak bersalah, tetapi kita sudah temukan dan ini jumlahnya ribuan ton. Kita sudah laporkan kepada Polri lewat Kabareskrim, sudah mulai ditangkap dan diperiksa. Calon tersangkanya akan diumumkan pada hari Senin," jelas Mendag Lutfi.

Dia menduga ada beberapa trik penimbunan minyak goreng yang dilakukan oleh mafia nakal. Pertama, minyak curah subsidi dilarikan ke industri menengah atas.

Kedua, minyak goreng curah subsidi dikemas ulang menjadi minyak goreng premium. Ketiga, minyak goreng curah subsidi dilarikan ke luar negeri.

Mendag mencium adanya oknum-oknum licik yang menyelundupkan minyak goreng. Berdasarkan data Kementerian Perdagangan, saat kebijakan Domestic Market Obligation (DMO) dan Domestic Price Obligation (DPO) ditetapkan, jumlah CPO yang terkumpul sebanyak 720.000 ton. Dari jumlah tersebut berhasil dijadikan minyak goreng sebanyak 570.000 liter.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut